Resep Ayam Kecap Saus Pedas Manis

Bahan-bahan:



- 500 gram daging ayam fillet, potong dadu


- 2 buah bawang putih, cincang halus


- 1 buah bawang bombay, iris tipis


- 3 sdm kecap manis


- 2 sdm saus tomat


- 1 sdm saus cabai


- 1 sdt gula pasir


- 1/2 sdt garam


- 1/2 sdt merica bubuk


- 2 sdm minyak sayur


- 100 ml air



Cara Memasak:



1. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.


2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan lembut.


3. Masukkan ayam potong dadu dan aduk rata hingga ayam berubah warna.


4. Tuangkan kecap manis, saus tomat, saus cabai, gula pasir, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga ayam terbalut bumbu.


5. Tambahkan air dan masak hingga ayam matang dan bumbu meresap.


6. Angkat dan sajikan panas dengan nasi putih.



Informasi Nutrisi:



Resep ini menghasilkan 4 porsi.


Tiap porsi ayam kecap saus pedas manis mengandung:


- Kalori: 385 kkal


- Protein: 29 g


- Lemak: 22 g


- Karbohidrat: 16 g


- Serat: 2 g


- Kolesterol: 106 mg


- Sodium: 658 mg


Ayam kecap saus pedas manis adalah hidangan yang populer di Indonesia. Rasanya manis, pedas, dan gurih, sehingga cocok disajikan sebagai makanan sehari-hari atau hidangan spesial saat acara keluarga. Resep ini sangat mudah diikuti dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memasaknya.


Pertama-tama, potong ayam fillet menjadi dadu kecil agar cepat matang dan mudah dimakan. Kemudian, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan lembut sebelum menambahkan ayam ke dalam wajan. Aduk rata hingga ayam berubah warna dan terbalut bumbu.


Setelah itu, tambahkan kecap manis, saus tomat, saus cabai, gula pasir, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata. Tambahkan air dan masak hingga ayam matang dan bumbu meresap.


Setelah matang, angkat dan sajikan panas dengan nasi putih. Ayam kecap saus pedas manis siap dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Hidangan ini juga dapat dihidangkan dengan sayuran rebus atau acar untuk menambah variasi rasa.


Tiap porsi ayam kecap saus pedas manis mengandung 385 kkal, 29 g protein, 22 g lemak, 16 g karbohidrat, 2 g serat, 106 mg kolesterol, dan 658 mg sodium. Hidangan ini mengandung cukup banyak protein dan lemak, sehingga cocok dikonsumsi sebagai hidangan utama. Namun, bagi yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti hipertensi atau penyakit jantung, disarankan untuk mengurangi konsumsi sodium dan lemak dalam hidangan ini.


Jadi, itulah resep ayam kecap saus pedas manis yang mudah diikuti dan nikmat untuk disajikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


close